Home JabarKini Ribuan Buruh Geruduk Gedung Sate

Ribuan Buruh Geruduk Gedung Sate

642
0

buruh.JABARSATU.COM – Ribuan buruh dari berbagai organisasi yang tergabung dalam Aliansi Buruh Jawa Barat kembali melakukan aksi unjuk rasa di depan halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kamis (18/12/2014). Aksi kali ini dilakukan untuk mendesak Gubernur Jabar Ahmad Heryawan untuk segera menerbitkan SK penyesuaian UMK tahun 2015.
Buruh datang berasal dari Bekasi, Cimahi, Bandung Raya, Bogor, Purwakarta hingga Karawang. Mereka menggunakan motor, mobil dan bus.
Dalam aksinya, buruh membawa sebuah mobil bak terbuka sebagai panggung orasi atau mobil komando. Terpasang spanduk di depan mobil bertuliskan ‘Tolak Penangguhan Upah Minimum’.
Ketua DPD KSPSI Jabar, Roy Jinto menuturkan, sebelum ini telah dilakukan 3 kali rapat dewan pengupahan dimana hingga rapat terakhir pada Rabu (17/12/2014) kemarin hasilnya masih deadlock.
“Rapat dewan pengupahan pembahasan penyesuaian UMK masih deadlock. Sehingga keputusan diserahkan pada Gubernur,” ujar Roy saat ditemui disela-sela aksi.
Dalam rapat tersebut, pemerintah mengajukan kenaikan 1,59 hingga 2,58 persen sedangkan buruh meminta kenaikan 7,44 hingga 10,32 persen.
“Sementara dari Apindo nol, mereka tidak mau ada revisi,” ungkapnya.
Buruh mendesak Gubernur untuk segera menerbitkan SK karena batas waktu penerbitan SK yaitu 21 Desember 2014. “Tanggal 21 Desember jatuh di hari Minggu sehingga kesempatan terakhir Gubernur harus menerbitkan Jumat besok,” katanya.
Roy berharap Gubernur bisa memberikan keputusan yang menguntungkan buruh minimal 7,44 persen.
“Menurut BI, BPS dan Pakar Unpad dampak inflasi akibat BBM dalam triwulan pertama 2,58 persen. Namun yang naik kan bukan sembako saja, harus dihitung juga unsur biaya transportasi. Organda saja sudah menaikkan Rp 1.000 sampai Rp 2.000 sehingga minimal kami berharap naik 7,44 persen,” tuturnya.
Jika Gubernur tidak juga membuat keputusan emosi buruh akan terus memuncak. “Segera beri keputusan supaya gejolak gelombang aksi buruh tidak terus menerus,” tuturnya.
Ratusan polisi mengamankan aksi ini. Jalan Diponegoro ditutup di ruas depan Gedung Sate.(JBS/DTC/MD)

Previous articleReklame Rokok dan HP Bodong Disinyalir Bertebaran di Antapani Bandung
Next articlePohon Tumbang, Jalur Ujungberung Terputus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.