Home JabarKini Hatta Rajasa Minta Seluruh Kader PAN Dukung Perppu Pilkada

Hatta Rajasa Minta Seluruh Kader PAN Dukung Perppu Pilkada

943
0

hatta-rajasaJABARSATU.COm-Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa tidak ingin melanggar komitmennya dengan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dalam mendukung Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Pilkada langsung.
Untuk itu, dia meminta para kader PAN untuk turut mendukung Perppu Pilkada langsung.
“Masih ada saudara kita sendiri (kader PAN) yang menginginkan Pilkada lewat DPRD. Akan tetapi, saya katakan, ini adalah komitmen. Buat saya, kalau kita menandatangani, kita harus komitmen. Pernah terjadi enggak, pemimpin partai namanya Hatta Rajasa menandatangani kesepakatan lalu melanggarnya,” kata Hatta dalam rapat koordinasi DPW-DPD PAN se-Jawa Barat di Hotel Lembang Asri, Jln. Kol. Masturi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Menurutnya, kesepakatan dukungan PAN terhadap Perppu Pilkada didasari oleh berbagai diplomasi yang dilakukannya dengan elite partai lain. Di samping karena sekitar 85% masyarakat menginginkan pilkada langsung, perppu tersebut juga memiliki beberapa perubahan.
“Perppu insya Allah akan gol pada Januari, maka pemilukada langsung akan berjalan dengan perbaikan-perbaikan,” ujarnya.
Dia berkeyakinan, Perppu Pilkada bakal memberikan keuntungan terhadap PAN, karena kepala daerah tidak dipilih melalui lobi-lobi anggota dewan.
“Peluang kami lebih baik, karena Koalisi Merah Putih akan berunding, mengeluarkan satu calon saja di daerah-daerah. Kalau kita petakan, maka peluang pan jauh lebih baik,” imbuhnya.
Hatta menampik adanya perpecahan di tubuh PAN maupun KMP. Menurutnya, adanya silang pendapat soal Perppu Pilkada bukan terletak pada mekanisme pengambilan keputusan, melainkan pada substansi perubahan Perppu itu sendiri.
Secara prinsip, kata dia, seluruh kader PAN dapat menerima Perppu Pilkada langsung.
“Enggak ada perpecahan. Kalau ada dinamika, ingin membahas, itu biasa. Partai politik kan ingin melihat konten dari Perppu itu, perubahannya apa, perbaikan pemilukada kita apa, itu normal. Secara keseluruhan, partai-partai (KMP) itu mendukung Perppu untuk dilaksanakan,” tuturnya.
Supaya tidak terjadi perpecahan di tubuh partai, Hatta menginstruksikan kepada pimpinan DPW dan DPD PAN untuk menjaga kekompakan. DPP akan bertindak tegas apabila ada kader daerah yang mencoba melawan keputusan DPP. “Kami Insya Allah tidak ada perpecahan,” ujarnya.(jbs/pr/md)

Previous articleHarga Minyak Terus Turun, Investor di Pasar saham Asia Cemas
Next articleTayangan Live TV Proses Kelahiran Ashanty Dikecam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.