Home Hukum Korupsi Bansos,Mantan Hakim Ramlan Comel Divonis 7 Tahun Penjara

Korupsi Bansos,Mantan Hakim Ramlan Comel Divonis 7 Tahun Penjara

563
0
  1. comelJABARSATU.COM Terdakwa kasus suap perkara korupsi dana bansos Pemkot Bandung yang juga mantan hakim di Pengadilan Negeri Bandung, Ramlan Comel divonis 7 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 1 bulan kurungan. Hal itu disampaikan majelis hakim yang menangani perkara ini pada persidangan di Pengadilan Tipikor Bandung, Selasa (9/12).

“Mengadili menyatakan terdakwa Ramlan Comel terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut. Menjatuhkan pidana penjara selama tujuh tahun dan denda Rp 200 juta subsider 1 bulan kurungan,” kata ketua majelis hakim, Barita Lumban Gaol SH, dalam amar putusannya.

Putusan majelis hakim ini lebih ringan dibandingkan tuntutan dari jaksa penuntut umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebelumnya JPU KPK menuntut Comel dengan hukuman 10 tahun penjara dan denda Rp 250 juta subsider 3 bulan kurungan.

Dalam pertimbangannya, majelis hakim menyampaikan hal yang memberatkan dan meringankan bagi terdakwa Comel. Hal yang memberatkan, terdakwa tidak peka dengan program pemerintah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.

Selain itu sebagai hakim, seharusnya terdakwa memberi contoh baik kepada masyarakat, terdakwa juga dinilai telah mencederai lembaga peradilan.
Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum dan telah bekerja sebagai hakim. (jbs/tj/md)

Previous articleSpanduk Anti Korupsi Pakai Ceceran Darah
Next articleAksi Buruh Jebol Gerbang Gedung Sate

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.