Home JabarKini 50 Persen Masjid di Kota Bandung Salah Kiblat

50 Persen Masjid di Kota Bandung Salah Kiblat

574
0

mesjidJABARSATU.COM – Dari sekiitar 4.000 masjid yang ada di Kota Bandung, lebih dari 50 persennya tidak tepat mengarahkan arah kiblatnya. Karena itulah, Badan Hisab dan Rukyat Kota Bandung akan mengkalibrasi arah kiblat ini diawali di 6 masjid yang ada di 6 kewilayahan Kota Bandung.

“Umumnya masjid di Bandung, arah kiblatnya tidak tepat. Banyak melenceng, tapi pada umumnya kurang ke kanan,” ujar Kepala Badan Hisab dan Rukyat Kota Bandung, K. H. Maftuh Kholil di sela sosialiasai pengukuran arah kiblat, di basement masjid Ukhuwah, Jln. Wastukancaba, Senin (8/12).

Arah kibkat sendiri disepakati berada di 25 derajat 10 menit dari titik barat hampir barat laut. Karena itulah, pihaknya melakukan sosialisasi pada Ketua MUI Kecematan Kota Bandung dan masjid besar.

“Untuk Desember ini kita akan mengkalibrasi 6 eks wilayah Kota Bandung, setahun harus selesai. Dan kami di mohon bagi para ketua DKM untuk pengajuan pada kami, gratis kok,” ujar Maftuh.

Selain di masjid-masjid, rencananya akan dibangun pula tugu-tugu kiblat di tempat pemakaman umum (TPU) karena bagi umat Islam wajah dari jenazah harus dihadapkan ke kiblat. (jbs/gm/md)

Previous articleKurtilas 2013 Jebakan Batman
Next articleSMAN 1 Baleendah Minta Kurikulum 2013 Dilanjutkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.