Home Hukum Ahok Dilantik Besok di Istana

Ahok Dilantik Besok di Istana

485
0

ahok1JABARSATU.COM – Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta esok Rabu (19/11). Hal itu disampaikan oleh Sekretaris DPRD DKI Jakarta Mangara Pardede.
“Pelantikan (Ahok) besok pukul 14.00 di Istana Negara,” kata dia di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (18/11).
Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyatakan Ahok akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo. “Aturan di Perppu begitu,” kata dia di Kantor Presiden, Jakarta.
Sesuai UU Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, ujar Pratikno, pelantikan akan digelar di ibu kota negara, yakni Jakarta. Mensesneg telah berkoordinasi dengan protokoler kepresidenan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan DPRD DKI Jakarta untuk teknis pelaksanaannya.
Ahok diumumkan dan diajukan menjadi Gubernur Jakarta oleh DPRD DKI Jakarta pada pekan lalu dalam rapat paripurna istimewa yang diboikot oleh koalisi Prabowo. Koalisi Merah Putih menolak pelantikan Ahok sebagai gubernur dan menginginkan fatwa lebih dulu dari Mahkamah Agung. (Baca: Beda Dasar Hukum KMP dan KIH soal Pelantikan Ahok)
Polda Metro Jaya siap mengamankan pelantikan Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta. Kapolda Metro Irjen Pol Unggung Cahyono berencana menyiapkan 10.184 personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan Pemda DKI untuk menjaga agar pelantikan berjalan lancar meski mungkin diwarnai protes oleh sejumlah ormas. (jbs/dtc/md)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.