Home JabarKini Mendagri Belum Bertemu Menag Bahas Kolom Agama dalam KTP

Mendagri Belum Bertemu Menag Bahas Kolom Agama dalam KTP

459
0

ktpJABARSATU.COM -Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku belum bertemu secara langsung dengan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin untuk membahas terkait rencana pengosongan kolom agama dalam KTP bagi penganut kepercayaan yang belum diakui secara resmi.
“Belum-belum. Lagi sibuk,” kata Tjahjo usai mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional di TMP Kalibata, Jakarta, Senin (10/11/2014).
Meski demikian, Tjahjo tetap menunggu saran dan masukkan dari Kementerian Agama untuk menyelesaikan persoalan ini. Pasalnya, persoalan agama merupakan domain dari Kementerian Agama.
“Fungsi, saran, dan masukan dari agama lain itu kan domain Menteri Agama. Kita hanya atur soal administrasi saja. Sebagai warga negara harus diberi hak yang sama,” ujarnya.
Menurut Tjahjo, polemik pengosongan kolom agama ini merupakan persoalan lama. Ia meminta, masyarakat dapat secara bijak menyikapinya. Jangan sampai, ada hak-hak warga negara yang tidak terpenuhi lantaran mereka memiliki keyakinan berbeda.
“Ini masalah lama, hanya refresh kembali. Sekarang banyak yang belum dapat KTP, sekarang masalah hak warga negara ini bagaimana,” ujar politisi PDI Perjuangan itu.
Sebelumnya, Menteri Agama Lukman mengatakan, rencana pemerintah untuk mengosongkan kolom agama dalam KTP merupakan bagian dari upaya untuk melindungi hak warga negara.
Pemerintah ingin mengakomodir keyakinan para penganut kepercayaan yang agama mereka belum diakui negara. (jbs/kompas/md)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.