Home JabarKini MenagTak Lagi Punya Wakil, Lukman Hakim Merasa Kehilangan

MenagTak Lagi Punya Wakil, Lukman Hakim Merasa Kehilangan

547
0

lukman - CopyJABARSATU.COM – Menteri Agama Lukman Hakim kini harus bekerja ‘sendiri’. Posisi wakil menteri yang awalnya diisi Nassarudin Umar, kini ditiadakan di masa pemerintahan Jokowi-JK.
“Saya terus terang merasa kehilangan. Banyak hal yang bisa terbantu dengan keberadaan Pak Nassar,” kata Lukman saat acara pelepasan Wamen di kantor Kemenag Jl Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (4/10/2014).
Menurut Lukman, posisi Wamen di Kemenag sama sekali bukan kerikil yang bisa menyebabkan tumpang tindih kewenangan. Justru posisi tersebut sangat membantu ketika Menteri tak bisa menghadiri semua agenda yang telah dijadwalkan.
“Agenda yang tidak bisa saya hadiri karena keterbatasan waktu karena keberadaan Wamen, hal-hal tersebut bisa diatasi,” ujar Lukman.
Lukman mengatakan, ada dua hal penting yang menjadi warisan Nassarudin selama menjadi Wamen. Pertama terkait tulisan-tulisannya, kedua terkait nilai-nilai yang telah ditanamkan guru besar UIN Jakarta itu di Kemenag.
“Setiap hari itu ada tulisan di Rakyat Merdeka, Halaman 12 pojok kiri. Tiga atau lima hari yang lalu beliau menulis tentang Kemenag. Di situ dengan tegas dinyatakan bahwa Kemenag punya sejarahnya sendiri. Agama adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita,” jelas Lukman.
“Kedua terkait dengan nilai-nilai. Nilai-nikai apa yang seharusnya dimiliki oleh setiap kita. Minggu-minggu pertama saya di kantor ini, saya merasakan memang di Kemenag ini masih blur. Kenapa kita harus di Kemenag, apa yang harus ditegakan, dipertahankan, untuk tujuan apa,” lanjutnya.(jbs/dtc/md)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.