Home Hukum Empat Tersangka FPI Dibawah Umur

Empat Tersangka FPI Dibawah Umur

428
0

fpiJABARSATU.COM – Tim penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya memastikan terdapat anak di bawah umur dari 21 tersangka tindak anarkis saat unjuk rasa yang dilakukan Front Pembela Islam (FPI), Jumat (3/10/2014). “Empat orang (tersangka) merupakan anak di bawah umur, di bawah 18 tahun,” tutur Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Heru Pranoto dalam keterangannya di Mapolda Metro Jaya.
Heru menambahkan bagi keempat anak tersebut, nantinya akan mendapatkan perlakuan khusus dengan tidak menahan mereka. Namun, anak-anak yang menjadi tersangka itu tetap dikenakan pasal yang sama dengan tersangka lain terkait keterlibatan mereka dalam unjuk rasa menentang Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.
“Tersangka dewasa dapat dilakukan penahanan, sedangkan tersangka anak-anak disarankan dikembalikan ke keluarganya namun berkas perkara tetap dikirim ke JPU (Jaksa Penuntut Umum),” tambah Heru.
Polisi telah menetapkan status 21 orang yang diduga menjadi biang dari aksi anarkis yang mewarnai unjuk rasa menentang Ahok yang digelar FPI. Polisi menilai tindak anarkis itu dari fakta bahwa sejumlah anggota FPI sengaja membawa senjata berupa batu, samurai, tongkat bambu, dan sebagainya untuk menyerang aparat polisi yang bertugas.
Mereka dikenakan pasal 214 ayat (1) dan ayat (2) KUHP tentang tindak melawan petugas dan atau pasal 170 ayat (1) dan ayat (2) KUHP tentang perusakan barang secara bersama-sama dan atau pasal 160 KUHP tentang penghasutan serta pasal 406 KUHP junto pasal 55 KUHP yang mengatur tentang membawa senjata tajam dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.(kompas/md)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.