Home Hukum Warga Garut Duduki Gedung DPR Hingga Tadi Malam

Warga Garut Duduki Gedung DPR Hingga Tadi Malam

452
0

garutJABARSATU.COM -Puluhan warga selatan Kabupaten Garut menduduki Gedung DPR RI sampai DPR RI menggelar Rapat Paripurna Pembahasan RUU Daerah Otonomi Baru (DOB). Sebelumnya, rapat yang rencananya digelar pada Senin (29/9) tersebut hanya memutuskan supaya Komisi II DPR RI melakukan lobi kembali dengan Pemerintah RI.

Ketua Komite Persiapan Pembentukan Kabupaten Garut Selatan (KP2KGS) Dedi Kurniawan mengatakan masih berharap rapat terakhir DPR RI periode 2009-2014 pada Selasa hari ini (30/9) akan membahas mengenai DOB.

“Kami menolak penundaan pengesahan RUU DOB, apalagi sampai dilimpahkan kepada anggota DPR periode 2014-2019. Kami akan terus menduduki gedung ini sampai Garut Selatan disahkan,” kata Dedi, Senin (29/9) malam.

Sebelumnya, Dedi mengatakan warga selatan Garut akan melakukan aksi mogok makan sampai DPR RI menggelar rapat tersebut. Namun kemudian Dedi mengancam akan mendeklarasikan Negara Pasundan jika DPR RI tidak kunjung menggelar rapat tersebut, Selasa (30/9).

“Jika Garut Selatan tidak diparipurnakan, kami akan mendeklarasikan Negara Pasundan. Alasannya, suara warga Jabar tidak pernah diapresiasi dengan baik oleh Pemerintah Pusat. Yang dipertontonkan hanya ketidakpatutan,” kata Dedi yang ungkapannya tersebut beredar melalui SMS.

Sejumlah kepala desa dan camat dari seluruh kecamatan yang akan jadi bagian Kabupaten Garut Selatan pun mendatangi Gedung DPR RI untuk mendukung terbentuknya DOB Kabupaten Garut Selatan. Selain itu, Wakil Bupati Garut Helmi Budiman dan Sekretaris Daerah Garut Iman Alirahman masih menginap di Jakarta untuk memantau rapat tersebut.

Jika DOB Kabupaten Garut Selatan berdiri, kecamatan yang akan menjadi bagiannya adalah Kecamatan Banjarwangi, Bungbulang, Caringin, Cibalong, Cihurip, Cikajang, Cikelet, Cisewu, Cisompet, Mekarmukti, Pameungpeuk, Pakenjeng, Pamulihan, Peundeuy, Singajaya, dan Talegong.(tj/md)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.