Home Hukum Kepala Satpol PP Tewas Dikejar Pedagang saat Operasi Penertiban

Kepala Satpol PP Tewas Dikejar Pedagang saat Operasi Penertiban

528
0

darahJABARSATU.COM – Jayus (50), Kepala Bidang Perundang-undangan Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kendari, Selasa (23/9/2014), meninggal saat melakukan penertiban pedagang di Pasar Sentral Kolaka.

Ia tewas setelah sebelumnya menghindar dari kejaran ratusan pedagang pasar sentral yang menolak penertiban tersebut. Jayus jatuh tersungkur, dan diduga sudah tak bernyawa. Saat itu diketahui, Jayus berusaha lari hingga ke Pangkalan Operasi Militer Angkatan Laut (Pomal) Kendari, yang berdekatan dengan pasar sentral.

“Kami tiba pukul 09.00 Wita di pasar, sudah dikepung. Mereka (pedagang) langsung mengejar. Jadi, kita selamatkan diri. Tiba-tiba saya dengar Pak Jayus dilarikan ke rumah sakit dan sudah meninggal,” ungkap Asri Bina, Kepala Bidang Penertiban Satpol PP Kendari, di Rumah Sakit Santa Ana, Kendari, Selasa (23/9/2014) siang.

Proses penertiban pedagang di Pasar Sentral Kendari, menurut Asri, berlangsung cepat, dan tidak disangka akan berakhir tragis. Para pedagang yang turun dari lantai atas langsung memburu dan melempari anggota satpol PP dengan batu.

“Tidak ada firasat akan seperti ini kejadiannya. Kami sudah melakukan penertiban sejak tiga pekan lalu. Kami melaksanakan perintah Wali Kota untuk menertibkan pedagang sayur yang masih berjualan di parkiran pasar,” ungkap dia.

Sementara itu, puluhan keluarga dan rekan Jayus terlihat memadati RS Santa Ana, Kendari. Istri korban terlihat pingsan ketika menyaksikan suaminya sudah tak bernyawa di ruang UGD.

Dokter Tisah yang melakukan pemeriksaan mengatakan, Jayus tiba di ruangan UGD dalam kondisi sudah meninggal. Di bawah kelopak mata kiri Jayus terdapat sedikit goresan. “Korban tiba pukul 09.47, dan saya periksa sudah tidak bernapas lagi. Kemungkinan dia meninggal di jalan menuju rumah sakit karena anggota TNI AL yang bawa korban melihat busa keluar dari mulutnya, dan ngompol di tempat ia jatuh,” tutur Tisah. (js/kompas/md)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.