Home Bisnis & Ekonomi Festival Industri Kreatif Jakarta Timur Digelar

Festival Industri Kreatif Jakarta Timur Digelar

499
0

indudtriJABARSATU.COM –  Karya-karya industri yang berkembang di wilayah di Jakarta Timur dipamerkan melalui event bertajuk “Ajang Kreasi Indutri Jakarta Timur 2014” yang akan digelar tanggal 23 September 2014, di halaman parkir kantor Walikota Jakarta Timur, diikuti oleh 30 peserta industri kreatif.
Pada event sehari penuh ini dipamerkan industri fashion, kerajinan kayu, mebell, kuliner, handy craft dan batu aji. Dan dibuka oleh Walikota Jakarta Timur Drs. Krisdianto, MS.i,
“Ajang kreasi Industri” dengan tema Peningkatan Daya Saing Industri Melalui Kreativitas Bisnis Kuat dan Hebat” ini diselenggarakan oleh Suku inas (Sudin) Perindustrian Jakarta timur, melibatkan beberapa IKM dan UKM dari wilayah jakarta timur, tidak saja memamerkan karya-karya industri namun diperlihatkan pula bagaimana proses pembuatannya.
Dalam kesempatan ini, Walikota Jakarta Timur Drs. Krisdianto, MS.i, dan Kasudin Perindustrian Energi Jakarta Timur Dra. Tuti Kurniati mengharapkan event ini akan menjadi agenda tahunan agar progresnya bisa terlihat langsung oleh masyarakat.
Menurut Kasudin Perindustrian dan Energi Jakarta Timur Dra. Tuti Kurniati, Ms.i acara ini bisa meningkatkan daya jual dan kreatifitas para pengrajin untuk lebih berkembang lagi. Sebab industri kreatif dipandang semakin penting dalam mendukung kesejahteraan dalam perekonomian
“Kreativitas manusia adalah sumber daya ekonomi utama, dan industri abad 21 akan tergantung pada produksi pengetahuan melalui kreativitas dan inovasi,” ujar Tuti.
Pada Pameran ini dimeriahkan pula oleh acara tradisi palang pintu, tari ondel-ondel, tari japin, magician the master 3 steve marcello, parade talkshow, juga diadakan berbagai lomba seperti body painting (melukis wajah), fotograpy, dan lomba musik kreatif. Lomba-lomba tersebut bisa diikuti oleh pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum khusus wilayah Jakarta Timur.
Sementara pada Kamis (25/September 2014) di tempat yang sama digelar pula “Festival Industri Kreatif”, diikuti 40 peserta stand industri unggulan jakarta timur seperti industri dibidang fashion, mebel, batu aji, dan kayu. Mengusunga tema “Penguatan Industri Kreatif Lokal Sebagai Kekuatan Menghadapi AFTA 2015.
Menurut kasudin perindustrian dan energi Jakakrrta Timurr Dra, Tuti Kurniati, MS.i, Indonesia sebagai salah satu negara besar di Asia Tenggara, berada pada letak Geografis yang sangat strategis, berada di antara dua benua, Benua Asia dan Benua Afrika, dua samudera, Samudera Hindia dan Samudera Pasifik sudah pasti “kecipratan” Era Globalisasi, karena Indonesia adalah pintu perdagangan dan tempat persinggahan lintas benua. Intinya, Indonesia adalah negara yang mengalami dampak dari segala perubahan yang ada di dunia ini. Tidak terkecuali, perjanjian AFTA yang dibuat oleh Persatuan Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN).
Karena itu Industri Kreatif merupakan kelompok industri yang terdiri dari berbagai jenis industri yang masing-masing memiliki keterkaitan dalam proses pengeksploitasian ide atau kekayaan intelektual menjadi nilai ekonomi tinggi yang dapat menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan.
“Dalam lima belas tahun terakhir, Indonesia menjadi sasaran market bagi produk-produk kreatif turunan dari industri kreatif inti mancanegara,” ujar Tuti.(JBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.