Home Hukum Tim Pansel Pimpinan KPK Mulai Bekerja Hari Ini

Tim Pansel Pimpinan KPK Mulai Bekerja Hari Ini

409
0

kpkJABARSATU.COM – Tim panitia seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi mulai bekerja pada hari ini Kamis (14/8/14).
“Rapat perdana anggota pansel insya Allah besok, setelah itu pansel akan melaksanakan tahapan pelaksanaan tugasnya sesuai tahapan-tahapan sebagaimana diatur dalam pasal 29, 30 dan 31 UU No 30 tahun 2002,” kata Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsuddin melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Rabu.
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden (Keppres) No 20 tahun 2014 tertanggal 23 Juli 2014 telah membentuk panitia seleksi (pansel) calon pimpinan KPK yaitu Busyro Muqoddas yang sudah menjabat selama empat tahun dan akan selesai pada 10 Desember 2014.
Salah satu anggota tim pansel yaitu mantan penasihat KPK Abdullah Hehamahua melalui telepon membenarkan rencana rapat tersebut.
“Besok itulah baru akan dibicarakan teknisnya. Biasanya kan setelah ditentukan kriteria, jadwal baru diumumkan ke media masa. Biasanya seminggu kemudian diumumkan jadi pada November sudah diserahkan ke DPR,” kata Abdullah.
Abdullah juga menyetujui bahwa penggantian pimpinan KPK sebaiknya sekaligus untuk mengganti seluruh pimpinan KPK Jilid III yang akan berakhir pada Desember 2015.
“Saya setuju dengan pendapat pimpinan KPK bahwa sekalian saja. Hanya kemudian posisi Menkumham karena dia mengikuti UU, kalau tidak ikut UU akan dipersoalkan masyarakat. Di rapat akan saya sampaikan jalan keluar terbaik,” tambah Abdullah.(JBS/ANT/MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.