Home Hukum Pejabat Pemkota Bandung Kursus Penanggulangan Korupsi ke Singapura

Pejabat Pemkota Bandung Kursus Penanggulangan Korupsi ke Singapura

375
0

pemkotJABARSATU.COM – Gelombang pertama pejabat Pemkot Bandung saat ini sedang mengikuti program kursus singkat dan Study Visit ke Singapura. Sejak 6 hingga 14 Agustus 2014, mereka akan belajar dengan fokus bahasan manajemen infrastruktur dan strategi penanggulangan korupsi oleh pemerintah Singapura.
Para pejabat gelombang pertama yang berangkat yakni 14 orang, terdiri dari tiga staf ahli, dua kepala badan, tujuh kepala dinas, dan dua direktur perusahaan daerah.
Menurut Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, keberangkatan para pejabat tersebut ke Singapura adalah tindak lanjut dari pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Singapura Mr K Shanmugam pada 4 Februari 2014 lalu di Bandung.
Pemerintah Singapura melalui duta besarnya di Indonesia mengirim surat tertanggal 6 Mei 2014 yang berisi tawaran pelaksanaan kerjasama, salah satunya yakni kursus singkat untuk pejabat Pemkot Bandung melalui Singapore Cooperation Programme.
“Jadi ini bukan program mendadak. Tapi sudah terencana dan terkoordinasi dengan masing-masing SKPD. Jadi diharapkan akan sesuai dengan ketentuan yang berlaku khususnya Permendagri No 11 Tahun 2011 tentang pedoman perjalanan dinas ke luar negeri,” kata Emil sapaan akrab Ridwan, saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat (8/8/2014).
Terkait biaya, menurut Emil, seluruh biaya kegiatan meliputi akomodasi, biaya diklat, transportasi lokal, dan asuransi, menjadi tanggung jawab Pemerintah Singapura.
Sementara tiket perjalanan pulang pergi Bandung-Singapura dibebankan kepada APBD Kota Bandung yakni melalui anggaran masing-masing SKPD.
“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas aparatur. Juga menambah wawasan, pemahaman dan paradigma baru bagi para pejabat. Khususnya manajemen infrastruktur, anticorruption strategy dan good governance,” tandasnya.
Setelah gelombang pertama selesai, gelombang kedua akan bertolak ke Singapura.(JBS/DTC/MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.