Home Dunia Gencatan Senjata Selama 72 Jam Israel dan Hamas Dimulai

Gencatan Senjata Selama 72 Jam Israel dan Hamas Dimulai

496
0

hamasJABARSATU.COM – Israel dan Hamas kembali menyepakati gencatan senjata di Gaza. Kali ini, gencatan senjata akan berlangsung selama 72 jam. Usulan gencatan senjata selama 72 jam ini muncul dalam perundingan yang berlangsung di Kairo, Mesir, hanya selang beberapa hari setelah rencana gencatan senjata selama 3 hari gagal diterapkan pada Jumat lalu.
Israel dan Hamas secara terpisah menyatakan kesepakatan mereka terhadap gencatan senjata terbaru ini Selasa (5 Agustus 2014). “Israel akan menghormati gencatan senjata mulai selasa hari ini pukul 08.00 waktu setempat,” tutur seorang pejabat Israel yang enggan disebut namanya.
“Hamas telah memberitahu Kairo, beberapa menit lalu, perihal persetujuan mereka atas gencatan senjata selama 72 jam,” tutur juru bicara Hamas, Sami Abu Zuhri.
Pertumpahan darah yang terjadi di Gaza, sejauh ini telah menewaskan lebih dari 1.800 warga Palestina dan 64 tentara Israel serta 3 warga sipil Israel. Dunia terus menyerukan agar kedua pihak sepakat melakukan gencatan senjata dalam jangka waktu yang lebih lama.
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan tidak akan menghentikan operasi militer di Gaza, tanpa bisa menjamin keamanan warganya. Namun demikian, upaya perundingan tetap digelar di Kairo, yang juga dihadiri pihak Hamas.
Seorang pejabat senior Mesir yang pertama kali mengumumkan bahwa Israel dan Palestina sama-sama menyepakati gencatan senjata baru selama 72 jam yang diusulkan oleh Mesir, terhitung sejak Selasa pagi.
“Pihak Mesir dengan pihak-pihak terkait telah mencapai komitmen untuk gencatan senjata selama 72 jam di Gaza, berawal dari besok (5/8) pagi, pukul 05.00 GMT, dan disepakati bagi delegasi terkait lainnya untuk datang ke Kairo guna membahas perundingan lebih lanjut,” terang pejabat Mesir yang enggan disebut namanya kepada AFP.. (JBS/MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.