Home JabarKini 900 Ribu Pemudik Jabar Belum Kembali

900 Ribu Pemudik Jabar Belum Kembali

511
0

kapolda1JABARSATU.COM –  Kapolda Jabar Irjen Pol M Iriawan menyatakan akan memperpanjang penugasan anggota polisi di sepanjang jalur mudik hingga H+10 atau sampai arus balik lebaran selesai. Pasalnya hingga saat ini, masih ada 900 ribu pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor belum pulang dari kampung halamannya.
Hal itu disampaikan Iriawan saat ditemui dalam acara Halal Bihalal di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (5/8/2014).
“Arus balik tahun ini, mulai H+1 sudah ada arus balik, sampai tadi malam juga masih ada kepadatan arus di jalur selatan tengah utara. Tadi malam jam 2 saya masih di Indramayu untuk melakukan pemantauan,” tutur Iriawan.
Ia mengatakan, jumlah pemudik bermotor tahun ini naik 12 persen dibandingkan tahun 2013 lalu atau jumlahnya sekitar 5,4 juta. Iriawan mengatakan, arus balik diprediksi terjadi hingga H+7.
“Tapi orang yang tidak terikat dengan waktu, dengan atasan, pulangnya banyak juga di H+8, H+9 dan H+10. Seperti pedagang dan yang non pegawai. Makanya sekarang masih penuh arus balik,” katanya.
Iriawan menyebut, dari sekitar 5.448.000 kendaraan, sekarang baru 4.705.000 yang sudah kembali melintas pulang dalam arus balik ini.
“Berarti masih ada 900 ribuan lagi,” sebutnya.
Karena itu Polda masih akan tetap stand by di lapangan. “Besok seharusnya sudah selesai, tapi tetap akan kita pasang anggota di lapangan. Halal bihalal ini juga saya minta kapolres tidak datang, tapi stand by di lapangan untuk melayani masyarakat,” tutur Iriawan.
Posko-posko di lapangan pun masih akan dipasang hingga operasi pengawalan arus balik selesai. “Posko masih belum dibongkar yang besar. Di Jalur Tengah di Kadipaten, Selatan di Nagreg dan Utara di Cikopo,” tuturnya.(JBS/DTC/MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.