Home Dunia Hatta Bingung Ditanya JK Soal Cucunya Sekolah Dimana?

Hatta Bingung Ditanya JK Soal Cucunya Sekolah Dimana?

538
0

jk.

JABARSATU.COM -Hatta Rajasa terlihat kebingungan saat mendapat pernyataan dari Jusuf Kalla. Bukan pertanyaan berat soal sumber daya manusia atau ilmu pengetahuan, tapi soal di mana cucunya sekolah.
“Cucu anda sekolah di mana?” tanya Kalla pada debat malam ini di Hotel Bidakara Jakarta, Minggu 29 Juni 2014.
Pernyataannya itu adalah ujung dari jawaban atas pertanyaan Hatta soal sekolah gratis. Hatta menyinggung sikap Kalla yang sepengetahuannya saat masih bersama-sama di Kabinet Indonesia Bersatu I menolak kebijakan sekolah gratis.
Namun kini Kalla menyatakan bahwa sekolah gratis itu adalah keniscayaan. Tetapi Kalla menggarisbawahi ada perbedaan antara siswa miskin dan mampu. Yang miskin gratis, namun yang mampu harus membayar.
Kalla menyatakan mendukung sekolah gratis. Dia menegaskan perlu adanya subsidi silang antara sekolah gratis dan sekolah bayar di sekitarnya. “Sehingga terjamin korelasi yang tidak timbulkan gap-gap,” kata dia.
Bahkan Kalla menegaskan, seharusnya sekolah mahal yang bayarannya per bulan sampai Rp2 juta harus bekerjasama dengan sekolah gratis di sekitarnya dalam bentuk subsidi silang dengan berbagi fasilitas bersama, sehingga tidak ada kesenjangan.
Kalla kemudian mencecar Hatta dan menanyakan di mana cucunya sekolah. Hatta sempat diam saat mendapat pernyataan itu. Wajahnya terlihat kebingungan. “Cucu? Cucu saya belum sekolah,” kata Hatta sambil tersenyum.
Hatta sendiri tidak puas dengan jawaban Kalla. Menurut Hatta setiap warga negara berhak atas pendidikan tanpa perbedaan. “Inilah inklusif, tidak ada perbedaan. Gratis tidak tercermin dalam kaya dan miskin. Karena itu konstitusi kita sudah atur pendidikan yang dibiayai oleh negara,” katanya..(JBS/vv/MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.