Home Hukum Piala Dunia Diwarnai Demo

Piala Dunia Diwarnai Demo

419
0

demopiala

JABARSATU.COM – Demo anti pemerintah terus mengancam gelaran Piala Dunia 2014. Selaasa pagi ini (10/6/14) demo mewarnai jumpa pers untuk mempromosikan persiapan Piala Dunia di Rio de Janiero hari Senin kemarin.
Kondisi di Brasil, beberapa hari jelang Piala Dunia, memang belum kondusif. Berbagai protes berujung pada aksi mogok di berbagai fasilitas umum. Bahkan, merembet ke daerah sarat turis.
Menurut O Globo, Copacabana, daerah wisata di Rio yang terkenal dengan pantai Balneario pun tidak luput dari aksi demonstrasi. Para demonstran membanjiri dan menutup jalanan selama setidaknya setengah jam.Ratusan pekerja yang mogok dari kementerian budaya, pendidikan, dan kesehatan melakukan demonstrasi di luar Benteng Copacabana, tempat berlangsungnya jumpa pers, sambil membentangkan spanduk ‘Kami tidak ingin Piala Dunia’.
Di dalam benteng di ujung pantai Copacabana itu, Menteri Kebudayaan Marta Suplicy mengatakan pada ratusan orang yang memadati auditorium bahwa Piala Dunia menawarkan Brasil sebuah image yang lebih besar dari musik samba.
Di samping sang menteri kebudayaan, Menteri Olahraga Aldo Rebelo dan sejumlah pejabat pemerintahan dan perwakilan FIFA juga berada di atas panggung.
Kondisi di Brasil memang masih memanas. Pekan lalu, polisi sampai bentrok dengan demonstran di Sao Paulo, tempat digelarnya pembukaan Piala Dunia 2014 nanti. Hal ini mengulang kejadian di Piala Konfederasi tahun lalu.
Alasan sejumlah warga melakukan aksi protes pada Juni tahun lalu adalah membengkaknya pengeluaran untuk Piala Dunia. Demonstran menilai pemerintah melupakan fasilitas pelayanan publik dan telah melakukan korupsi. (JBS/V/MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.