Home JabarKini Drama Musikal “Balukarna”, Kisah Kelam Kaum Pelajar

Drama Musikal “Balukarna”, Kisah Kelam Kaum Pelajar

1311
0

t1

JABARSATU.COM – Persoalan remaja bukan hanya habis pulsa dan merengek minta dibelikan jajan bakso, tapi juga persoalan moral dan pergaulan bebas serta berbagai macam persoalan yang ada. Adalah kelompok teater Senapati menangkap persoalan itu dan mengangkatnya ke atas pentas teater.
Maka jadilah pemanggungan peristiwa itu, sabtu dan Minggu (10-11 Mei 2014) di GK. Rumentang Siang Bandung, dalam cerita “Balukarna” karya/sutradara muda May Ramadhan.
Berkisah tentang dua siswa sekolah SMA bernama IF dan AF, berkenalan, bercinta hingga akhirnya terjerumus pada pergaulan bebas, mulai dari seks bebas dan narkoba. Drama musikal “Balukarna” berhasil memeras air mata penonton dan sesekali mengundang tawa riuh.
Sutradara May dengan apik mengemas suguhan drama “Balukarna” dengan adegan-adegan yang cukup apik dan menarik. Secara keseluruhan pementasan ini berhasil megedukasi penonton. Pesan yang disampaikan sangat sederhana namun penting bagi kesadaran manusia.
Apalagi penontonnya khusus siswa sekolah, sehingga pesan ini harus terus diualang-ulang oleh siapapun, tanpa mengenal bosan. ibarat sebuah kalimat peringatan “Dilarang Kencing Disini” harus diulang sebab meskipun terpampang tulisan itu tapi tetap saja banyak yang tak faham dan melanggarnya. Mekipun juga pengulagan peringatan seperti ini belum tentu menyadarkan manusia dari sifat serakah.
Namun demikian, sebagai sebuah upaya penyadaran manusia terhadap perilaku remaja lewat pementasan teater patut dihormati, karena itulah fungsi teater. Yang perlu dicatat oleh May adalah teater bukan sekedar akting dan penataan panggung yang baik, tapi bagaimana sebuah pertunjukan dapat memberi pengaruh pada penonton, hingga penonton tidak perlu mengernyitkan kening untuk memahami semua peristiwa  di atas panggung.
Selamat !
(JBS/MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.