Home Hukum Bupati Garut Tak Mau Menghambat Pembentukan Garut Selatan

Bupati Garut Tak Mau Menghambat Pembentukan Garut Selatan

509
0

rudi gunawan

JABARSATU.COM –  Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan tidak pernah berniat menghambat ataupun menunda pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Garut Selatan. Bahkan, Bupati sejak dulu merencanakan pembangunan yang terfokus di Kabupaten Garut wilayah selatan pada 2015 untuk menyambut jika DOB Garut Selatan disahkan DPR RI tahun ini.
“Dulu, saya sudah bicara sendiri di hadapan Presidium Garut Selatan bahwa akan membangun 250 kilometer jalan di Garut Selatan. Bisa dilihat, nanti akan banyak pembangunan di Garut Selatan, termasuk perbaikan kantor-kantor kecamatan, juga untuk kantor sementara bupati terpilih,” kata Rudy, Sabtu (10/5/14).
Jika DOB Kabupaten Garut Selatan disahkan tahun ini oleh DPR RI, Kabupaten Garut sebagai Kabupaten Induk berkewajiban mempersiapkan berbagai hal, di antaranya infrastrukturnya. Dengan demikian, Pemerintah Kabupaten Garut Selatan dapat memulai pemerintahannya dengan baik.
“Tidak hanya jalan dan kantor, termasuk penyediaan air bersih. Itu semua dibangun oleh Kabupaten Garut sebagai kabupaten induk untuk DOB Garut Selatan. Karena saat jeda itu, sebelum ada pemerintahan baru, APBD Garut Selatan masih dari APBD Garut,” katanya.
Bupati mengatakan sempat resah dengan paparan dari DPD RI yang mempresentasikan kondisi calon DOB Garut Selatan. Dalam presentasi tersebut dikatakan, Pendapatan Asli daerah (PAD) dari Garut wilayah selatan hanya Rp 8 miliar. Rudy pun mengatakan sempat memperdebatkan hal tersebut.
“Melihat kondisi demikian dari DPD RI, saya memfokuskan pembangunan ke selatan. Dari paparan itu, saya khawatir DOB Garut Selatan tidak terwujud, makanya nanti pembangunan terfokus ke selatan, seperti jalan, jembatan, rumah sakit, dan sekolah,” tuturnya.(JBS/TJ/MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.