Home Bisnis & Ekonomi Bisnis Travel Bandung Jakarta Ternyata Banyak Mafia (1)

Bisnis Travel Bandung Jakarta Ternyata Banyak Mafia (1)

1107
0

daytrans-armadaJABARSATU.COM – Jika Anda akan berpergian ke Jakarta atau Bandung dari dari Jakarta. Kini memang tak usah ribet, karena selain banyak jasa travel Bandung-Jakarta dan sebaliknya maka kita tinggal duduk manis. Tapi benarkan bisnis ini mulus adanya.

Banyak sejunmlah pengusaha mengeluh karena monopoli dan kongkalikong izin trayek ini yang sangat maha dan dijual belikan oleh badan yang membawahinya, siapa lagi kalau bukan Perhubungan. Trayek ini fantasitis…awalnya muncul dengan satu trayek kendaraan hanya Rp.12 juta kini harga satu kendaraan itu mencapai Rp.27 juta. “Memang seperti itu harganya, dan ini orang Perhubungannya yang minta,”kata sumber kami disana yang belum berani disebutkan namanya.

Bayangkan jika sekelas nama terkenal travel di Bandung yang kini sudah melantai bursa punya 5000 armada kalikan saj dengan Rp 27 juta  maka untuk izinnya saja dia harus mengeluarkan kocek sekitar 13.5 Miliar…sungguh fantastis…belum perusaan travel lainnya yang jumlahnya ada dibawah ratusan kendaraan diatas 300 armada. Kema uang setor ini oleh Perhubungan, apakah sudah diaudit. Izin ini memang keluar dari Kementrian Perhungan Pusat dan  quotanya di berikan di dua kota yaitu Jakrta dan Bandung.

“Jika di Jakarta mahal harganya, makanya kadang banyak pengusaha nakal beli di Bandung semua izinnya dan kadang izin yang Jakrta juga di lelang di Bandung, siapa yang berani itu yang bisa dapat izin trayek itu,” ujar sumber tadi.

Sumber kami juga menyebutkan ada pengusaha nakal mengakalinya beli izin berapa lalu kalau di masa weekend yang padat maka mobilnya berplat hitam melaju dari Bandung ke Jakarta dan sebaliknya.

“Jalur ini seksi karena Bandung kan tujuan wisata yang tidak bosan dan pusat belanja dan jajan yang sangat  digandrungi,”kata sumber tadi. Saat ditanya apakah kendataan berplat hitam jika ada razia bisa ditangkap? Sumber kami mengatakan, mana ada yang berani. “Organda saja takut negur, karena katanya yang beking saja Kapolda,” ujar sumber tadi. (bersambung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.