Home Bandung Deklarasikan DARURAT IKLIM di Gelar Depan Gedung Sate

Deklarasikan DARURAT IKLIM di Gelar Depan Gedung Sate

186
0

JABARSATU.COM – Ada yang beda demo tentang iklim kali ini. Enam Tuntutan Anak Muda Memastikan Tindakan Nyata. Targetnya adalah Perlindungan Iklim Yang Adil dan Berkelanjutan.

Pawai Iklim berlangsung serentak di 4 kota di Indonesia dan kota-kota negara di Asia dalam rangka aksi “Asia Climate Rally”. Sebuah aksi kolektif yang
diselenggarakan anak muda. empat kota adalah Jakarta, Bandung, Serang dan Makassar. Pada 27 November 2020 berlangsung di depan Kantor Gubernur Jawa Barat.

Peran pemerintah saat ini akan menjadi pertaruhan masa depan anak
muda. Krisis iklim sudah di depan mata dan anak mudalah yang akan bertarung lebih keras dan merasakan dampaknya.

“Kami menuntut pemerintah dan para pemimpin industri untuk bertanggung jawab dan bersama-sama melakukan tindakan nyata. Dan segera berhenti mendanai industri bahan bakar fosil yang mematikan”, tegas Salsabila kordinator aksi ini.

Ditambahkannya bahwa tuntutan ini adalah pengingat yang tajam bagi mereka bahwa kaum muda Indonesia dan di seluruh Asia sedang mengawasi seluruh tindakan mereka, karena masa depan kita tidak dapat dinegosiasikan.

“Kebijakan-kebijakan yang sangat jauh dari penyelamatan iklim harus segera dicabut dan pemulihan keberlanjutan bukan pilihan tetapi sebuah keharusan,” sambung Salsabila.
aksi yang melibatkan seniman pantomime Wangi Hoed ini sangat menarik. Sebagai simbol ekspresi gerak pantomime Indonesia paling aktif saat ini memberikan satu pesan penting.

Berikut Tuntutan yang  disampaikan:

● Deklarasikan DARURAT IKLIM!
Bahwa bumi kita tidak baik-baik saja. Dan Indonesia adalah salah satu negara di Asia yang akan merasakan dampak kehancuran lingkungan, sosial dan ekonomi dari krisis iklim yang terjadi detik ini.

Kami, anak muda menuntut ketegasan pemimpin Indonesia.

● Tingkatkan ambisi NDC!
Kami menuntut pemerintah untuk lebih berambisi, meningkatkan kolaborasi, mempercepat implementasi dengan langkah-langkah nyata untuk mencapai tujuan Perjanjian Paris, dan menuntut tegas para
pencemar iklim atas kontribusi mereka terhadap memburuknya dampak krisis iklim.

● Hentikan investasi di sektor energi kotor!
Memastikan implementasi dengan aksi nyata berarti berani mendorong divestasi dari industri bahan bakar fosil yang mencemari iklim dan berinvestasi di energi terbarukan.

● Investasi berkelanjutan untuk pertumbuhan ekonomi sehat pasca pandemi Covid 19!
Menerapkan upaya-upaya proaktif untuk mencapai respons yang hijau dan adil terhadap dampak krisis iklim dan pandemi COVID-19 atas dasar tanggung jawab bersama dan keadilan sosial-ekonomi.

● Menjamin Keadilan untuk Masyarakat Adat!
Negara bertanggung jawab atas penegakan hak asasi manusia dan lingkungan, dan wajib secara aktif mendukung keadilan iklim untuk semua rakyat termasuk hak-hak masyarakat Adat yang telah lama berperan menjaga dan merawat kekayaan bumi.

● Cabut Semua Kebijakan Yang Merusak Lingkungan!
Tindakan tegas dan nyata serta selaras dengan undang-undang dan kebijakan iklim untuk melindungi lingkungan. Mengutamakan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat dengan mencabut kebijakan yang merusak.

Dalam Asia Climate Rally adalah hari aksi kolektif yang diselenggarakan oleh anak muda dari Malaysia, Filipina, India, Nepal, Pakistan, Indonesia, Korea Selatan, Hong Kong dan Singapura. Bravo….! (BUDI YANTO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.