Home Bandung Petani Sayur Sawi Kabupaten Bandung Pemasok Terbesar Wilayah Jawa Barat dan Jakarta

Petani Sayur Sawi Kabupaten Bandung Pemasok Terbesar Wilayah Jawa Barat dan Jakarta

362
0
Para petani sedang menyiram tanaman sawi di Desa Jatisari Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung, Kamis (12/11). Hasil pertanian ini dijual ke wilayah Jawa Barat dan Jakarta./BUDI YANTO-JBS

JABARSATU.COM – Petani sayur sawi di Desa Jatisari Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung merupakan pemasok terbesar untuk Wilayah Jawa Barat dan Jakarta.

Namun pada masa pandemi Covid 19 ini mengalami penurunan permintaan karena banyak restoran yang tutup akibat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Ini berdampak pada harga sawi menjadi turun.

Dinas Pertanian Kabupaten Bandung melakukan gerakan penyelamatan petani dengan membeli sejumlah sayur dengan harga yang tinggi untuk dijual kembali.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Tisna Umaran mengatakan, sejumlah sayuran beberapa waktu lalu mengalami penurunan harga yang mengakibatkan petani terancam rugi besar.

“Produksi melimpah menyebabkan harga anjlok. Gerakan yang kami lakukan adalah menyelamatkan hasil panen dengan subsidi,” tutur Tisna, Jumat (11/9/2020).

Subsidi yang dilakukan adalah melakukan pembelian hasil panen dengan harga laik, kemudian dijual kembali dalam bentuk paket. “Kami kemas, kami jual kembali kepada konsumen,” ujarnya.

Setiap kemasan terdapat sedikitnya 7 sayuran, dijual seharga Rp15.000/kemasan. Menurut Tisna, harga tersebut jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli sayuran yang sama di pasar induk.

“Kalau di pasar induk, dengan jenis sama dan jumlah sama, harganya bisa mencapai Rp30.000,” ucapnya.

Hal tersebut dikarenakan sayuran dibeli langsung dari petani, sehingga memiliki harga jauh lebih murah.

“Setiap hari ada 1.000 paket yang dijual melalui gerakan tersebut,” katanya.

Siapapun bisa membeli paket sayuran tersebut, namun karena animo yang tinggi, maka pembelian harus dilakukan dengan cara memesannya sehari sebelumnya. (RED/FOTO BUDI YANTO-JBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.