Home Cianjur Dosen Seni Rupa ISBI Bandung Apresiasiasi Kampung Wisata Bunga Matahari

Dosen Seni Rupa ISBI Bandung Apresiasiasi Kampung Wisata Bunga Matahari

387
0

JABARSATU.COM – Pada hari Selasa (20/10/2020) Dosen Fakultas Seni Rupa Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung yang mengunjungi Kampung Bunga Matahari di Kp Bungbulang Desa Nanggalamekar Cianjur.

Dalam kunjungannya Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain ISBI Bandung meninjau persiapan Kp. Bungbulang sebagai Kampung Wisata Bunga Matahari dan sekaligus menjadikan sebagai pilot project dalam pengembangan Desa Wisata di Desa Nanggalamekar dan mengapresiasi masyarakat di desa wisata itu.

Ketua RW 01 Sutardi merespon denganbaik terhadap kunjungan tersebut, “Kampung Bungbulang telah memulai penanaman bunga matahari di sepanjang jalan protokol diwilayah Kp. Bungbulang serta telah menanam beberapa jenis serta varietas bunga matahari. Penanaman kali ini memang dikhususkan untuk pembibitan bunga matahari untuk kemudian jadi benih bunga matahari,” ujarnya.

Dalam kunjungannya tersebut Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain ISBI Bandung memberikan pengarahan dan pemaparan mengenai dampak positif dan dampak negatif mengenai kampung wisata.

“Kampung Wisata Bunga Matahari akan menjadi daya tarik pariwisata apabila masyarakat di Kampung Bungbulang dapak mewujudkan Tujuh unsur sapta pesona yang terdiri dari unsur aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan. Tujuh unsur sapta pesona ini yang perlu disiapkan oleh masyarakat setempat untuk menciptakan kampung wisata yang baik. Selain itu perlu juga menerapkan konsep CHSE (Clean, Healthy, Safety and Environment) artinya Kebersihan, Kesehatan, Keamanan, dan Lingkungan harus benar-benar dijaga sebagai bagian dari kesadaran masyarakat untuk menciptakan kampung wisata yang ideal, selain aspek wisata perlu juga meningkatkan wilayah pendidikan, jadi wisata berbasis edukasi dengan menerapkan konsep-konsep penanaman bunga matahari menjadi bahan pembelajaran karakter bagi masyarakat,” demikian disampaikan Agus Cahyana Dosen Seni Rupa ISBI Bandung dalam kegiatan sosialisasi dengan Kelompok Sadar Wisata Kampung Bungbulang (POKDARWIS).

Selama melaksanakan Kunjungan Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain ISBI Bandung di damping oleh Kepala Dusun I Desa Nanggalamekar, Ketua RW 01, Ketua RT 02, Ketua RT 03 serta kang Asep Miftah selaku Tokoh Pengiat Kampung Wisata Bunga Matahari.

“Alhamdulillah banyak pihak yang ikut berperan dalam pengembangan Kampung Wisata Bunga Matahari di Kampung Bungbulang, pemerintah setempat baik Desa Nanggalamekar, Ketua RW 01, dan 4 RT, dan semua masyarakat yang ikut terlibat dalam membangun kampung wisata ini, sekarang dapat dukungan dari Universitas untuk memajukan dan mendampingi Kampung Bungbulang sampai nanti launching Kampung Matahari,” jelas Asep.

Ditambahkan Asep bahwa ini merupakan sebuah kebahagiaan yang tak terhingga, pembangunan memang tidak cukup dibangun oleh satu atau dua orang tapi memang perlu kerjasama dari berbagai pihak dan dukungan dari para tim ahli, khususnya dari perguruan tinggu,” tambah Asep Miftahul Falah yang juga tokoh penggiat kampung Matahari.

Kunjungan ini bukan tanpa tujuan, kunjungan kali ini selain sosialisasi pemaparan mengenai kampus wisata, rencana kedepan Kampung Bungbulang akan terus diberikan pendamping oleh beberapa dosen ahli dari ISBI Bandung sampai terbentuknya kampung wisata.

“Disamping dibangun kampung wisata, juga akan dikembangkan kampung edukasi melalui sekolah alam dan juga dibangun kawasan permainan tradisional anak,” tutup Asep kepada Redaksi JABARSATU.COM di Kp. Bungbulang RT 02 RW 01 Desa Nanggalamekar, Kec. Ciranjang Kab. Cianjur. (AN/JBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.