Home Bandung Gelar Virtual KKN Daring 2020 ISBI Bandung

Gelar Virtual KKN Daring 2020 ISBI Bandung

70
0

JABARSATU.COM – Pada hari Jumat, 04 September 2020 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI Bandung) telah menyelenggarakan Gelar Virtual dan Penarikan Mahasiswa KKN Daring 2020. Kegiatan Gelar Virtual ini sebagai penanda berakhirnya seluruh rangkaian pelaksanaan atau penutupan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Daring 2020 yang diselenggarakan oleh Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. “KKN Daring ISBI Bandung Tahun 2020 ini bertemakan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Seni Budaya di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020”, ungkap Ketua LPPM ISBI Bandung, Dr. Wanda Listiani, M.Ds. Beliau juga menyampaikan bahwa, “Melalui KKN, mahasiswa belajar olah pikiran, olah laku dan olah rasa dalam praktik dan wacana seni budaya untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan seni budaya di mana mereka tinggal”.

Mahasiswa ISBI Bandung melaksanakan KKN Daring di masa pandemi Covid-19 dengan berbagai pilhan model KKN seperti KKN Mandiri, KKN Kolaborasi, dan KKN Tematik. Gelar Virtual KKN ISBI Bandung 2020 ini merupakan inovasi pertama yang dilaksanakan oleh LPPM ISBI Bandung untuk menggelar kegiatan KKN yang dilakukan oleh mahasiswa dengan pendampingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Kegiatan Gelar Virtual dan Penarikan Mahasiswa KKN Daring 2020 dibuka langsung oleh Rektor ISBI Bandung Prof. Dr. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum. Dalam sambutannya Rektor ISBI Bandung memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada seluruh mahasiswa/i ISBI Bandung yang telah melaksanakan KKN Daring 2020 dimasa pandemi Covid-19.

“Saya memberi apresiasi yang tinggi kepada LPPM ISBI Bandung yang telah melaksanakan kegiatan KKN Daring 2020 dimasa Pandemi Covid-19. Model KKN yang ditawarkan oleh LPPM ISBI Bandung sangat menarik dan sesuai dengan gagasan merdeka belajar yang dirancang oleh Mas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. Pandemi Covid-19 ini merupakan tantangan yang bisa dijadikan dorongan untuk terus berpikir menciptakan ide-ide kreatif dari para mahasiswa. Luaran dari program KKN ini bisa disalurkan melalui seminar dan publikasi melalui prosiding, jurnal yang telah terakreditasi. Karya Virtual dari para mahasiswa bisa di dorong untuk di HAKIkan yang nanti dibantu dan diseleksi oleh LPPM ISBI Bandung. Terakhir saya ucapkan banyak terimakasih kepada para mitra KKN baik sanggar, komunitas, sekolah, desa dan seluruh elemen yang terlibat dalam KKN Daring ISBI Bandung 2020. Selamat untuk seluruh mahasiswa yang telah menyelesaikan KKN dimasa Pandemi Covid-19 dengan sangat baik”.

Bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan Gelar Virtual dan Penarikan Mahasiswa KKN Daring 2020 ini, terdapat juga Narasumber Prof. Dr. Arthur S. Nalan, S.Sen., M.Hum (Guru Besar Sosiologi Seni dan Wakil Rektor I ISBI Bandung) dan Anrilla Ema, Ph.D. (Psikolog) yang memaparkan materi “Menjaga kesehatan mental di masa Pandemi Covid-19”, dalam pemaparannya Anrilla Ema, Ph.D. memaparkan tips-tips menjaga kesehatan mental dimasa pandemi Covid-19. Seni bisa dijadikan alat terapi untuk menyembuhkan gangguan mental. Seni juga bisa juga menjadi media untuk melakukan Bantuan Psikologis Awal (Psychological First Aid).

Gelar virtual yag dimoderatori oleh Dosen Muda sekaligus Sekretaris Jurusan, Nanang Jaenudin, M.Sn ini juga diisi penampilan Kacapi Suling oleh Mustika Iman Z.S., M.Sn. & Asep Nugraha, M.S., Dosen Jurusan Karawitan ISBI Bandung dan Nyawer oleh Dr. Cahya, M.Hum., Dosen Jurusan Antropologi Budaya ISBI Bandung. Puncak acara gelar virtual ini adalah penampilan gelar karya virtual hasil dari KKN para mahasiswa ISBI Bandung selama 3 hari berturut-turut yaitu tangggal 4 – 6 September 2020. “Semoga KKN Daring ISBI Bandung Tahun 2020 memberikan dampak luas bagi masyarakat khususnya di bidang kreativitas, inventasi-inovasi dan estetika-etika melalui pendekatan seni budaya di Indonesia”, tegas Turyati, M.Sn sebagai Ketua Pelaksana sekaligus Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LPPM ISBI Bandung disela penutupan Gelar Virtual KKN Daring ISBI Bandung Tahun 2020. (Asep Miftahul Falah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.