Home Bandung Buntut Pengusiran Ketua Walhi Jabar, Surat Terbuka Persatuan Masyarakat (PEMPROV) Jawa...

Buntut Pengusiran Ketua Walhi Jabar, Surat Terbuka Persatuan Masyarakat (PEMPROV) Jawa Barat

42
0

JABARSATU – Surat tersebut akan disampaikan ke Gubernur Jawa Barat dan Ketua DPRD Jawa Barat Terkait Musrenbang dan Proses Penyusunan RPJMD Jabar 2018 – 2023.

Hal itu ditegaskan oleh para wakil dari Persatuan Masyarakat Provinsi Jawa Barat (Pemprov ) Jabar, yang terdiri dari Dadan Ramdan (Walhi Jabar), Dedi Kurniawan (FK3I), Wahyu (Yayasan Go Green), Ben Satriana (Wakcabalaka), dan Pius (Inisiatipi) serta moderator  Adi P. (Pawapeling) dalam Konferensi Pers yang digelar Hari Minggu (18/11/2018) di KabarKampus (KaKa) Jl. Sultan Tirtayasa No.49, Citarum Kota Bandung.

Surat Terbuka yang ditujukan kepada Gubernur Jawa Barat dan Ketua DPRD Jawa Barat  tersebut berbunyi sebgai berikut:

Wahana Lingkungan HIdup Indonesia (WALHI) adalah salah satu pelopor dan lokomotif Demokrasi di Indonesia, Khususnya di Jawa Barat. Walhi Jawa Barat mendorong percepatan pemulihan pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup, keterjaminan, keberlangsungan daya dukung dan daya tamping Daerah Aliran sungai (DAS) bagi antar generasi di Jawa Barat, melalui pelibatan seluruh anggota WALHI, jaringan komunitas dan public. Selain itu, WALHI Jawa Barat mendorong tata kelola pemerintahan yang baik, terbuka dan partisipatif. Termasuk dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jawa Barat 2018-2023.

Dalam konteks partisipasi public, WALHI Jawa Barat telah melakukan serangkaian proses yang panjang melalui diskusi dan Musyawarah Lingkungan Hidup menyerap masukan, gagasan, usulan, solusi untuk penyusunan dokumen RPJMD Jawa Barat 2018-2023.

Pada tanggal 13 November 2018 saat musrenbang RPJMD Jabar berlangsung di Hotel Luxury kawasan Trans Studio Mall Jl. Gatot Subroto Bandung, WALHI Jawa Barat diundang secara resmi oleh Gubernur. Pada kesempatan tersebut, Direktur WALHI Jawa Barat meminta waktu untuk menyampaikan dokumen hasil Musyawarah Lingkungan Hidup. Namun, penyelenggara tidak mengijinkan berbicara malah ditarik, diseret lalu diusir keluar ruangan oleh panitia, ajudan, satpol PP dan bahkan diancam oleh salahsatu ORMAS. Insiden yang dialami Direktur WALHI Jabar, menunjukkan permintaan dialog untuk menyampaikan usulan masyarakat di musrenbang dihalangi dan ditutup.

Sementara  pada pelaksanaan Musrenbang RPJMD 2013 – 2018, ruang dialog itu dibuka seluas-luasnya kepada public. Kami mengkhawatirkan modus penurunan mutu forum partisipasi public menjadi preseden buruk dan berlanjut di sepanjang kepemimpinan  Gubernur Ridwan Kamil 5 tahun ke depan. Birokrasi Pemrov jawa barat akan melihat dan memandang forum partisipasi ideal hanyalah sosialisasi dan peserta duduk manis mendengarkan saja.

Baca: Buntut Pengusiran Ketua Walhi Jabar Musrenbang RPJMD Jawa Barat Cacat Substansi…!

Dengan semangat dan Visi Kolaborasi dalam membangun masyarakat dan Lingkungan Hidup Jawa Barat, Maka kami Persatuan Masyarakat Provinsi Jawa Barat meminta:

  1. Pemerintahan Provinsi Jawa Barat tidak mengulangi insiden (menghalangi partisipasi public) yang dilalami oleh WALHI Jawa Barat selama proses penyusunan RPJMD Jawa Barat 2018-2023 sampai penetapan.
  2. Pemerintahan Provinsi Jawa Barat harus memastikan ruang-ruang partisipasi berisi dialog yang bermutu, bukan sekedar seremonial dan penyampaian paparan satu arah.
  3. Masyarakat Sipil Jawa Barat dilibatkan dalam proses penyusunan RPJMD Jawa Barat 2018-2023 karena kan menentukan kualitas layanan public dan kehidupan 5 tahun ke depan.
  4. Masyarakat Sipil Jawa Barat berperan aktif dalam proses pengambilan keputusan public dalam urusan dan sector masing-masing dalam penyusunan RPJMD Jawa Barat dan keputusan public lainnya.
  5. Pemeriuntahan Provinsi Jawa Barat harus mengimplementasikan nilai-nilai Demokrasi dan menolak segala bentuk kekerasan dalam menangani berbagai macam permasalahan yang ada di Jawa Barat.

Surat yang ditandatangani tanggal 18 November 2018 tersebut didukung oleh 205 organisasi di berbagai bidang.|AGP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.