Home Seni Budaya FISIB Unpak Gelar Resital Seni Pertunjukan

FISIB Unpak Gelar Resital Seni Pertunjukan

81
0
SHARE

JABARSATU.COM – Minat mahasiswa terhadap keberadaan seni pertunjukan (tradisi dan kontemporer) diharapkan meningkat, sehingga ada kesadaran bahwa kesenian merupakan hal terpenting bagi pendidikan, pembentukan karakter juga kebutuhan ilmu pengetahuan, kata Atang Supriatna Dosen FISIB Universitas Pakuan (UNPAK) Bogor dalam persiapan Resital Seni Pertunjukan yang akan digelat jurusan Komunikasi, Sastra Jepang, Sastra Inggris, dan Sastra Indonesia gelar, 23-24 Juli 2018 di Gedung Graha Pakuan Siliwangi, UNPAK, Jl. Pakuan – Bogor.

“Seni Pertunjukan dalam hal ini seni budaya indonesia seperti mata air yg tidak akan habis sebagai sumber ilmu pengetahuan. Oleh karenanya sabagai tonggak jati diri budaya bangsa, tidak bisa tidak, Seni budaya harus berada ditengah tengah jaman. Bagian terpenting dari kemajuan pendidikan, iptek, hukum, dan peradaban Milenia, semua itu, ada ditangan generasi muda,” ujar Atang.

Jelas Atang, karya seni dewasa ini sangat memberi peluang baru dalam melepaskan dirinya dari stigma yang tidak bermanfaat. Ketika seni hadir di bangku kelas, ia diberi peluang untuk dijadikan model dan metode pembelajaran bagaimana belajar menjadi riang gembira tanpa mengabaikan aturan belajar itu sendiri. Kesenian, seperti juga ilmu pengetahuan dan filsafat, adalah sarana yg dapat membuat hidup menjadi lebih hidup, lebih punya nilai. Tari, musik, teater memiliki fungsi dasar seperti itu juga. Tentu ada yg ingin diucapkan lewat karya seni tersebut, ada yangg ingin dikomunikasikan. Bahwa itu bisa dipahami pada saat itu juga atau nanti, bukan soal.

“Seni dan tradisi harus menjadi sebuah agenda pemikiran besar bagi kaum terpelajar atau mahasiswa. Di llingkungan kampus, seni dan tradisi harus akrab, harus intim, harus luwes, dan tentu saja menghibur. Dengan kesenian mahasiswa bisa menjadi manusia yg berkesadaran jasmaniah, sekaligus manusia yangg rohaniah,” imbuh Atang.

Atang sampaikan, Resital Seni Pertunjukan ini berupa tampilan berbagai betuk seni tari, musik, pencak silat, puisi, dan teater.*(HER)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here