Home Bisnis & Ekonomi Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Ciptakan...

Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Ciptakan Kolam Pintar Untuk Ikan Hias

177
0

JABARSATU – Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) membuat  penelitian agar Ikan memerlukan pengawasan kondisi suhu, kekeruhan, dan jumlah pakan yang cukup untuk tetap sehat ini lantaran manusia memiliki keterbatasan untuk mengamati sesuatu secara berkala.

Mereka berhasil menciptakan Kolam Pintar Pemantau Kekeruhan, Temperatur, serta Penguras Air untuk Ikan yang mereka singkat menjadi KOPI KERAS. Kolam ini  adalah  sebuah sistem yang dapat memantau dan mengontrol kebutuhan ikan dalam akuarium agar tetap sehat. Sistem ini didukung oleh teknologi Internet of Things (IoT), sehingga para pengguna dapat memantau dan mengontrol ikan pada gawai Android.

Menurut ketua tim pencipta KOPI KERAS,  Yasmine Afifah, Purwsrupa ini didanai DIKTI melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2018 dan telah pernah dipamerkan pada acara El-Semar yang diadakan oleh Program Studi Teknik Elektro UNS.

“Memelihara ikan merupakan salah satu hobi yang banyak ditekuni oleh masyarakat, mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas. Namun, ternyata memelihara ikan tidak semudah ketika membelinya” Kata Yasmin.

Apalagi ikan hias yang berangkat dari keindahan biota laut yang beranekaragam membuat pandangan mata menjadi segar dibuatnya. Terlebih lagi biota laut dan air tawar seperti ikan hias, yang  memberikan pesona yang menawan bagi siapapun yang melihatnya.

Sebab Ikan hias memang memiliki daya tarik tersendiri, sehingga  membuat manusia akhirnya menjadikan hewan air ini bagian dari dekorasi untuk mempercantik rumah, lanjutnya.

Yasmin dan kawan kawan menjelaskan  Deskripsi  alat tersbut:

–              Fasilitas: o. Pemantau Suhu, Suhu optimal ikan = 25C – 32C. Sistem akan memberi peringatan apabila suhu air di luar suhu optimal.

–              Pemantau kekeruhan. Kekeruhan maksimal 128 NTU. Sistem akan memberi peringatan apabila kekeruhan air di luar batas kekeruhan maksimum

–              Pakan otomatis. Sistem pakan dapat diatur secara otomatis dan manual. Mode otomatis memungkinkan pengguna untuk mengatur jadwal pakan pada gawai Android.

–              Kamera. Kamera ini digunakan untuk streaming ikan dalam akuarium yang dilihat dapat gawai Android.

–              Lampu. Lampu dapat dikontrol pada gawai Android

–              Sistem penguras air

Apabila sistem mendeteksi air sudah keruh, maka akuarium ini akan menguras dan mengisi air secara otomatis.

 Anggota tim:

–              Ketua:

Yasmine Afifah

Teknik Elektro UNS 2015

Prestasi: Medali perak International Robot Olympiad 2011.

–              Anggota:

o             Rizal Abdulrozaq Rosadi

Teknik Elektro UNS 2014

o             Mohammad Raihan Hafiz

Teknik Elektro UNS 2017

–              Dosen Pembimbing:

o             Chico Hermanu B.A., S.T., M.Eng.

 

(JBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.