Home Bandung Merayakan 80 Tahun Saini KM: Guru, Humanis dan Inspirator

Merayakan 80 Tahun Saini KM: Guru, Humanis dan Inspirator

157
0

JABARSATU.COM –  Ikatan ALUMNI ASTI/STSTI Kini ISBI (Institut Seni Budaya Indonesia) akan menggelar 80 Tahun Sastrawan Indonesia Saini KM.

Acara akan gelar 1-7 Oktober 2018 di Kampus ISBI Bandung Jalan Buah Batu 212 Bandung, dengan tema “80 Saini KM: Guru, Humanis dan Inspirator”

Diharapkan Acara in menjadi catatan penting dalam sejarah dan peta sastra tanah air.

“Saini KM merupakan salah satu sosok yang tidak bisa dilupakan dalam sejarah pemajuan budaya Indonesia. Budayawan produktif ini telah banyak menulis naskah drama, puisi, cerita rakyat. novel dan esai,” ujar Hermana HMT Ketua pelaksana 80 Tahun Sastrawan Indonesia Saini KM kepada redaksi (8/7).

Lebih lanjut Hermana mengatakan bahwa tahun 2018 ini usia Pak Saini menginjak 80 tahun, kami sebagai murid sangatlah memberikan satu tanda. Dan Saini KM memang layak mendapat penghormatan ini karena itu inilah penghargaan terhadap dedikasi dan karyanya yang sudah memberi banyak kontribusi bagi dunia seni di tanah air, jelasnya.

Bentuk penghormatan dalam 80 Tahun Saini KM, kata Hermana adalah dengan menggelar, Pertunjukan drama karya-karya Saini KM, Pembacaan dan pertunjukan puisi-puisi karya Saini KM, Seminar sosok dan karya-karya Saini KM, Pameran Dedikasi kepada  Saini KM, Penerbitan Buku,  Pemberian Award tehadap Saini KM dan sejumlah kegiatan lainnya.

Lebih lanjut Hermana mengatakan Saini KM tidak semata melahirkan karya besar, dibalik itu ia juga seorang pendidik. Buah pikirannya banyak menginspirasi dan lewat tangannya terlahir seniman teater dan sastrawan yang sampai saat ini turut menghidupkan khazanah budaya Indonesia.

“Aura kesederhanaan terpancar dari sosok Saini KM menjadi suri tauladan bagi penggiat seni dan birokrat tempat ia mengabdi,”urai Hermana.

Hermana juga mengatakan bahwa Panitia 80 Tahun Saini KM mengajak publik budaya di tanah air jika akan terlibat kami terbuka dan mari merayakan 80 Tahun Saini KM ditempat masing-masing baik, kampus, komunitas atau kelompok seni lainnya.

Ditempat yang sama ketua Acara 80 Tahun Saini KM Denny Cholid mengatakan bahwa sejumlah kelompok teater dan musik juga para tokoh sudah siap mendukung dalam acara 80 Tahun Saini KM ini.

“Ada banyak seniman akan mendukung baik itu yang pernah menjadi murid Pak Saini, maupun ada yang hanya kagum akan karya-karya beliau dan memberikan dukungan untuk dedikasi acara 80 Tahun Saini KM nanti,” jelas Denny. |DHV/SN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.