Home JabarKini Temuan Baru Setelah Membaca Ulang Antonio Gramsci

Temuan Baru Setelah Membaca Ulang Antonio Gramsci

150
0

OLEH Hendrajit, pengkaji geopolitik Global Future Institute.

Yang kerap diabaikan kaum Marxist ortodoks atau baik sosialis atau komunis adalah materialisme dialektika. Bahwa ketika kita semakin terbelenggu dan terhambat oleh tatanan atau struktur yang melingkupi kita. Maka kita harus kembali kepada kekuatan ide atau gagasan untuk mrmbebaskan diri dari belenggu lingkungan dan struktur.

Itu sebab ada banyak orang yang mengagumi Karl Marx namun ogah jadi Marxist atau sosialis. Apalagi komunis. Bahkan ada banyak orang berkata “aku pengagum Karl Marx namun aku bukan marxist. ”

DI BALIK UNGKAPAN RETORIS ITU ADA PESAN PENTING. BAHWA UNTUK MEWUJUDKAN PERUBAHAN TETAPLAH BERTUMPU PADA IDE DAN GAGASAN. KARL MARX SEJATINYA TETAP SEORANG HEGELIAN. HEGEL ADALAH GURU KARL MARX YANG BERPANDANGAN IDE LAH YANG MENENTUKAN KENYATAAN. BUKAN SEBALIKNYA.

Karl Marx berontak pada tesis Hegel ini. Kenyataanlah yang menentukan realitas. Karya utamanya berjudul Das Kapital. Memperkuat tesisnya itu.

Sayangnya. Kaum Sosialis apalagi komunis. Berhenti pada Das Kapital. Sebagai Ilmu dan Ajaran. Menjadi Marxist ortodoks. Tidak kembali kepada diri sejati Karl Marx. Sehingga mengabaikan pesan tersirat dari Das Kapital. Untuk mengubah keadaan harus kembali kepada ide dan gagasan.

SEHINGGA PARA MARXIST ORTODOKS PUN MENGABAIKAN ISYARAT KARL MARC SENDIRI. BAHWA DIRINYA BUKAN SEORANG MARXIST.

Seorang intelektual sosialis Itali Antonio Gramci, merupakan salah satu kader yang cukup cerdas dan jeli menangkap gagasan Karl Marx ini. Maka ketika meletus Revolylusi Bolshewik Oktober 1917 Gramci menulis melalui koran dari organ perjuangannya dengan judul : REVOLUSI MELAWAN DAS KAPITAL”

MENGAPA GRAMSCI GUNAKAN JUDUL ITU? DALAM BAYANGAN GRAMSCI. JIKA VLADIMIR ULYANOV LENIN SETIA PADA CARA PANDANG DAS KAPITAL, PADAHAL DAS KAPITAL CUMA MEMBEDAH REALITAS SISTEM DAN PRAKTEK KAPITALUSME. MAKA REVOLUSI RUSIA ITU TAK AKAN TERJADI.

Gramsci seakan mau bilang bahwa ide jenius Lenin dalam membaca hakekat lingkungan dan struktur yang membelenggu masyarakat Rusia itulah yang memunculkan kekuatan kekuatan rahasia rakyat bukan saja untuk menggulubgkan dinasti Romanov. Bahkan mengganti dengan sistem baru. Lepas kita suka atau tidak suka. Setuju atau tidak setuju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.