Home Bandung KPU Polda Jabar dan Kesepakatan Pengamanan Pilgub 2018

KPU Polda Jabar dan Kesepakatan Pengamanan Pilgub 2018

438
0

JABARSATU.COM – Nota kesepahaman Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan Polda Jawa Barat  dalam pengamanan, penegakan hukum, dan sosialisasi dalam rangka menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018 ditandatangani. Dalam Apel Gelar Pasukan Mantap Praja Lodaya Tahun 2018, di Gasibu Bandung (5/1/2018).

Kapolda Jabar Irjen Agung Budi mengatakan kerjasama untuk setiap satuan kerja penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat dan Pilkada Serentak Tahun 2018.

Sementara itu Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Yayat Hidayat menjelaskan, pengamanan meliputi setiap tahapan pemilihan Gubernur Jawa Barat dari setiap tingkatan dari tingkat provinsi sampai KPPS. “Termasuk pengamanan terhadap pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, pengiriman logistik, pengawalan dan pengamanan fisik surat suara sampai pada tahapan akhir perhitungan suara dan pelantikan  gubernur terpilih tahun 2018,” jelas Yayat.

Selain itu, penegakan hukum dalam nota kesepahaman adalah memproses dan menindaklanjuti dalam setiap persoalan menyangkut kasus hukum dalam setiap tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Sedangkan sosialisasi adalah sebagai bahan maklumat dan informasi bagi kedua belah pihak dari tingkat provinsi sampai daerah untuk mengetahui nota kesepahaman tersebut, ujarnya.

Apel Pasukan di Gasibu

Menurut Kapolda, apel gelar pasukan ini untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan serta sarana dan prasana Polri dalam rangka pengamanan Pilgub dan Pilkada Serentak di Jawa Barat Tahun 2018. Ia juga menyampaikan apresiasi jajaran Pemerintahan Provinsi Jawa Barat yang mendukung anggaran untuk pengamanan Pilgub, khususnya dengan adanya surat perjanjian hibah.

“Dengan adanya dana hubah, kami bisa melaksanakan tugas pengamanan dan pengawalan Pilkada. Sebanyak 21.438 personil polri akan dilibatkan dan 27 SSK/Kompi disebar,” katanya seraya menekankan perlunya meningkatkan sinergitas dan soliditas Polri, TNI, Pemda dan seluruh elemen masyarakat.

Kapolda juga siap meminimalkan tindakan kontra produktif yang menurunkan nilai-nilai demokrasi dan citra Polri. “Kami beserta jajaran Kejaksaan, dan Bawaslu akan mengoptimalkan kamtibmas, antara lain melalui pelatihan-pelatihan dan sispam kota apabila terjadi konflik sosial, terorisme, dan lain-lain,”bebernya.

Terkait pengamanan pasangan calon, Kapolda menyebut sudah membentuk satuan tugas pengamanan individu pasangan calon yang akan melekat setelah KPU menetapkan pasangan calon, sehingga para calon bisa melaksanakan aktivitas tahapan dengan rasa aman. Begitu pula tentang media sosial, telah dibentuk satgas cyber untuk mengantisipasi maraknya hoax, black campaign, money politic, dan intimidasi terhadap penyelenggara, peserta pilgub dan pilkada, dan masyarakat.

Hadir dalam acara apel di Gasibu itu antara lain Kapolda Jabar, Irjen Agung Budi Gubernur Jawa Barat, para pimpinan DPRD, Pangdam III Siliwangi, Kabasarnas, dan Organisasi Perangkat Daerah, serta KPU dan Bawaslu Jawa Barat. |Endang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.