Home Hukum Perusahaan yang Kotori Sungai Citarum Akan Ditindak Tegas

Perusahaan yang Kotori Sungai Citarum Akan Ditindak Tegas

552
0

JABARSATU – Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto, mengatakan akan menindak tegas perusahaan yang ketahuan mengotori Sungai Citarum.

“Kalau ada pidana, maka kepolisian akan memproses hukum, tapi secara komprehensif tidak bisa sektoral,” ujarnya usai Lokakarya Penataan Sungai Citarum, Rabu lalam tadi.

“Kesempatan ini, akan kami undang dari seluruh industri di bantaran citarum. Kami akan sosialisasikan lagi, aturan-aturan yang wajib dierjakan industri,” ujarnya.

Pertemuan dengan perusahaan dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, rencananya akan digelar pada Senin 4 Desember mendatang..

Sungai Citarum menjadi satu di antara sungai terjorok di dunia. Limbah industri menjadi satu di antara faktor utama kotornya Sungai Citarum. Sekira 280 ton limbah industri mengalir di Sungai Citarum setiap harinya.

Pemerintah berupaya mendorong perusahaan agar memfungsikan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) secara baik agar limbah yang dibuang ke sungai tidak mengotori sungai.

Selain itu, pemerintah juga melakukan upaya edukasi kepada masyarakat sekitar Sungai Citarum untuk tidak memperparah keadaan Sungai Citarum dengan membuang limbah rumah tangga dan kotoran ternak ke aliran sungai. (TJ/JBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.