Home Bandung Persib Rogoh Rp 1 Miliar Lebih untuk Bayar Denda Selama Liga 1

Persib Rogoh Rp 1 Miliar Lebih untuk Bayar Denda Selama Liga 1

449
0

JABARSATU – Perhelatan Liga 1 2017 bisa jadi musim kelam bagi perjalanan Persib Bandung. Selain prestasi yang tak kunjung membaik, dan ancaman degradasi karena aksi walkout saat lawan Persija Jakarta, untuk urusan sanksi berupa denda, Persib yang paling subur.

Dalam hasil sidang Komdis PSSI pada 28 Oktober dan 2 November,total denda yang harus dikeluarkan Persib Rp 138.750.000. Selain denda dari tim senior juga denda untuk Persib U-19 saat bertindak sebagai tuan rumah babak 8 besar. Jika ditotalkan sejak awal Liga 1, total denda yang sudah dibayarkan Rp 1 miliar lebih.

Terbaru diputuskan Komdis, berbagai pelanggaran dari tim senior saat manajer H. Umuh muchtar dan asisten pelatih Herrie Setyawan yang protes berlebihan saat lawan Madura United. Sedangkan pelanggaran Persib U-19, berupa aksi bobotoh yang menyalakan flare dan kembang api.

Dibandingkan klub kontestan Liga 1 2017, Persib paling ‎banyak mendapatkan sanksi.
Total sekitar Rp 1 miliar lebih itu lebih sedikit dibandingkan nilai awal saat dijatuhkan sanksi.

Seperti diungkapkan Anggota Komisi Disiplin (Komdis) PSSI Dwi Irianto.‎ Pasalnya, jika pelanggarannya berulang, maka nilai sanksi yang dijatuhkan bertambah setengahnya.

“Misalnya, pelanggarannya ada flare dan pelemparan botol juga yang kami pakai sanksi tertinggi, yakni flare Rp15 juta. Kalau melakukan lagi ditambah sanksinya Rp7,5 juta jadi Rp22,5 juta sesuai pasal 65-66 juncto 144,” jelas Dwi dikutip di CNNIndonesia.

“Persib luar biasa (dendanya), kalau tidak kami mundurkan ke nol lagi dan dikembalikan ke Rp 100 juta, sanksi yang terberat. Bisa lebih dari Rp 1 miliar jumlah sanksinya,” kata Dwi.

Menurutnya, semua sanksi didominasi karena ulah suporter Persib baik di laga kandang maupun di tandang.

“Di kandang saja perkiraan saya bisa lebih dari Rp 1 miliar, di luar kandang ratusan juta,” sebutnya.

Ia menyayangkan banyak pelanggaran yang terus berulang bahkan tak menimbulkan efek jera.
Mengingat  perhelatan Liga 1 menyisakan 2 pertandingan, juga sanksi saat lawan Persija yang menanti, tak menutup kemungkinan sanksi dan denda akan bertambah. (GM/JBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.