Home JabarKini Mantan Menteri Koperasi Adi Sasono Telah Berpulang

Mantan Menteri Koperasi Adi Sasono Telah Berpulang

1338
0

Innalillahi wa innaillahi rojiuun…
telah meninggal dunia Adi Sasono (Pekalongan, 16/2/43 – Jakarta 13/8/16).

Adi Sasono lahir di Pekalongan, Jawa Tengah, 16 Februari 1943 – meninggal di Jakarta, 13 Agustus 2016 pada umur 73 tahun) adalah mantan Menteri Koperasi dan UKM pada era Kabinet Reformasi Pembangunan.

Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia ke-5 Masa jabatan 23 Mei 1998 – 20 Oktober 1999 Presiden Baharuddin Jusuf Habibie.

Alumni Teknik Sipil ITB Pekerjaan terakhir Ketua Umum Yayasan COOP Indonesia.

Ia dikenal sebagai tokoh LSM dan berbagai aktivitas kemasyarakatan lainnya. Selain itu ia juga merupakan tokoh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Ikatan Pers Mahasiswa Indonesia (IPMI), Pelajar Islam Indonesia (PII) dan ICMI dengan pernah menjadi Sekretaris Umum pada tahun 1990-an.

Selain itu ia juga mendirikan Partai Merdeka yang menjadi peserta Pemilu 2004 di Indonesia. Sebelumnya, ia juga dikenal sebagai tokoh Dewan koperasi Indonesia (DEKOPIN).

Adi sasono pada saat itu menjadi menteri koperasi dan usaha kecil dicap dari salah satu media di luar negeri sebagai “Indonesia the most dangerous man”, namun pada article Los Angles Times – Washington (dicukil dari the tufts daily, March 3, 1999), ia menyangkal “I’ve tried to convince them that I’m not dangerous at all”

Bila melihat program yang diajukan sewaktu di kementrian Koperasi dan usaha kecil adalah jelas untuk membela wong cilik dalam mengembangkan usaha di mana didasarkan selama 32 tahun dipimpin oleh pemimpin otoriter terdahulu lebih mengarah crony capitalism.

Suami dari Mala Maria dan Bapak dari Arya Wibisono, Aji Erlangga, Dewi Saraswati, Aditya Krisnamurty dan Gita Aryanti.

Menurut rencana akan dimakamkan dan diberangkatkan dari rumah duka jln Swakarya Bawah 1 A, kompleks DDN I Pondok Labu, Jakarta Selatan, pada pukul 11:30.  Akan dishalatkan di masjid Baiturrahmah, Kompleks DDN I Pondok Labu
Adi akan dimakamkan di Pemakaman Islam Tanah Kusir Blok AA I pada pukul 13:00
Demikian informasi dari Keluarga Besar Adi Sasono. (red)